Senin, 24 November 2014

Senin, 01 April 2013

Keiko's 3rd Birthday Cake


This is the birthday cake I made for my little Keiko's 3rd birthday.
Her request is Angry Bird cake, with Yellow, Blue, Black birds.. and King Pig. Of course Red Bird is a must, as it's the first of all Angry Birds.

Keiko, Ken and Celine (their cousin) just love the cake.. and they ate up the birds, eggs and pigs.. hahaha

I used Chocolate Cake as base, and use about 1 kg of Fondant (Satin Ice).

After 2 days, I see Satin Ice melted, dunno why. I don't keep it on refrigerator, and I kept it closed in a plastic cake tray.

The taste of Satin Ice fondant is better than the Bakels' fondant, in my opinion. It's sweet and have a trace of vanilla. The one thing I don't quite like is the texture, too soft.

About the figurines, I found it quite easy to make. The problem is the size, I made them about 2 - 2.5 cm tall only, so you can imagine the details like the eye, the eyebrow.. but after some good hours, I finally can make it faster and faster.

I started baking at 12 noon, and the cake (2 cake, one with 22 cm round pan, the other 16 cm round pan) finished by 3 pm. I ran to church for White Thursday with m husband and leave the cakes on the cooling rack. After church I have my dinner with my hubby, then bought some snacks for the 8 goodie bags from Lottemart before we went home. I started to cover the cake at 9, while my husband picked up Ken and Keiko from my mom's place. When they arrived, I was making my Red bird. They were noisy and excited about the cake. Ken actually company me until 12 midnight playing with the fondant and my cookie cutters. I finally brought Ken and Keiko to bed at 12 after I finished making the birds, because it would be not good to have a sleepy b'day girl the next day. I slept too.. only woke up at 3 am to finish the pigs and the rest of the decor.

So, total time to bake is 3 hours (preparation until cake out of oven). Total time to decorate is 6 hours. So long..... :) My husband said, no wonder full fondant decorated cakes are expensive, the time to make it is too long.

Enjoy...

Minggu, 29 Januari 2012

Ayam Goreng Pandan

Kemarin pagi ke pasar beli daun pandan, niatnya untuk ditanam depan rumah. Ternyata Rp. 500 dapet pandan banyak, jadi berlebihan di rumah. Kebetulan ada stok ayam, jadi dapet ilham buat Ayam Goreng Pandan aja.. :)

Kebetulan ga pernah buat Ayam Goreng Pandan, and ga tau juga resepnya. Bomgkar buku pintar juga ga ketemu resep itu. Saking males searching Google, ya buat resep sendiri aja sekenanya deh.

Bahan:
1/2 Dada ayam, potong2 jangan terlalu kecil
1 sdm Asam jawa tanpa biji
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Merica secukupnya
2 gelas Air (secukupnya)
Daun pandan

Cara buat:
1. Larutkan asam jawa dengan sedikit air, beri garam, gula dan merica. Lumurkan pada ayam, diamkan sebentar
2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, tumis bawang merah dan putih yg diiris kasar sampai wangi, lalu masukkan ayam. Tumis sampai ayam agak berubah warna.
3. Tambahkan 2 gelas air, biarkan masak sampai airnya menyusut
4. Angkat dan tiriskan ayam, ambil setiap potong ayam dan lilitkan dgn daun pandan. Agar tidak lepas saat digoreng nanti, lilitan ditusuk dengan tusuk gigi.
5. Siapkan wajan dan minyak utk menggoreng, masukkan potongan2 ayam yg sudah dililit pandan tsb, goreng sampai kecoklatan.
6. Angkat dan tiriskan, sajikan dengan sambel terasi.

Ternyata, resep ngarang sendiri itu hasilnya enak juga loh.. :) Pas makan siang, laris manis....

Salam ayam pandan !

Selasa, 13 Desember 2011

Another version of Sapi Lada Hitam

Ini versi lain yang kurang lebih sama dengan Sapi Lada Hitam, bedanya ini lebih colorful aja kali yah..., pake paprika merah dan hijau soalnya. Nyamm...


BDCK untuk Amanda, Anien dan Ken

Ini setoran borongan, project BDCK tahun ini.

BDCK ini pesenan cici Siu Chin untuk Amanda, bulan April lalu.. dah lama aja deh. Karena b'day girl-nya penggemar Hello Kitty, jadilah kue dibuat tema Hello Kitty. Ini pertama kalinya buat Figurine 3D loh. Gimana hasilnya ? Bantet ya Hello Kitty-nya? wkwkwkwk... anyway, Amanda seneng banget sama kue ini. Dia gak nyangka bisa dapet kue spt ini. Dan figurin HK-nya sampe berhari2 disimpen di kulkas, gak rela dimakan. Menurut mereka, kue-nya enak. Senengnyaaa hatiku.....


Base cake: resep dari buku Chocolate, resep yg sama kek punya Wanti dulu, ditambahin butter 25%-an kalo gak salah. Hasilnya lbh moist, tp masih kurang moist. 


Kalau yang ini, project iseng2, hadiah ulang tahun untuk sepupuku tersayang Anien. Base cakenya pakai Browkus NCC yg di panggang. Menurut Anien dan Acin sih kuenya enak, nyoklat banget. Glad they liked it! Maklum lah, tukang kuenya masih ABG. ^-^




Next, adalah kue ultahnya Ken Ichiro yg ke-3. Ini dibuatnya sambil kehabisan ide. Ken maunya kue ulang tahun tema mobil dan Elmo. Alamak mak-nya pusing. Karena hiasnya malem2, ditambah ribet... akhirnya jadinya ya alakadarnya gini deh. Base cake-nya apa ya ? Lupa... kayanya sih pake resep browkus NCC juga deh.



Semoga taon depan bisa berkarya lebih banyak dan lebih baik lagi yah.. AMIEN !!!!! 
Siapa yg mau pesen, hayoooo...
^__^


Udang Balado Pete

Ini salah satu kesukaan my hubby.


Bahan :
Udang seger
Pete
Daun salam
Tomat, potong kecil-kecil
Garam
Gula

Bumbu balado halus : (biasanya beli jadi di tukang bumbu di pasar tradisional, jadi ini kira2 aja ya)
Cabai kasar
Bawang putih
Bawang merah
Garam

Cara Masak :
1. Panaskan wajan dengan minyak yg lumayan  banyak, goreng udang sampai matang, angkat dan sisihkan'
2. Kurangi minyak (tuang ke wadah lain), masukkan bumbu balado, tomat, dan daun salam - tumis sampai harum
3. Masukkan pete, aduk2 sampai pete matang
4. Masukkan udang goreng, aduk2 sampai rata
5. Tambahkan garam dan gula sesuai selera
6. Angkat dan sajikan dengan sepiring nasi hangat.

Sabtu, 10 Desember 2011

Lemon Pound Cake

Ini project hari ini.. ^-^ Waktu dipanggang... wangiiiiii banget. Wangi lemon. Harusnya enak nih..
Sekarang masih nunggu.. masih dalam oven. Kalau disajiin ma teh manis anget, hmmmmh.... uenak tenan deh ya !




Sumber Resep : website Sedap Sekejap

Bahan :
225 gr mentega/margarine
175 gr gula pasir --> aku pakai 100 gr saja.
6 butir telur --> aku pakai 7 telur, krn kecil2
1 buah jeruk lemon, diparut kulitnya dan diperas airnya
250 gr tepung terigu
1/4 sendok teh garam
50 gr gula tepung untuk taburan

Cara membuat :
1. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut
2. Tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok hingga lembut
3. Masukkan air jeruk lemon dan kulit jeruk lemon, aduk rata
4. Tambahkan tepung terigu sambil diayak. Aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang 22x22x4 cm yang telah dialasi kertas dan diolesi margarin.
6. Oven 40 menit dengan suhu 160 derajat Celcius.
7. Angkat dan sajikan dengan gula tepung yang diayak.

Untuk 20 potong.

Note:
Karena dikurangi gulanya sampai 100 gr saja, rasa kuenya kurang manis dan lemonnya berasa sekali. Kalau yg suka manis, sebaiknya gulanya ditambahkan sesuai resep atau sampai 150gr-an. ^-^ Met Nyoba !



Jumat, 02 Desember 2011

Kepiting Masak Kecap Ala Tiociu

Resep aslinya dapat dari mama mertua ku, and ini masakan kesukaan Yogo.
Beda sama yang biasanya dimasak mami waktu gua kecil, kepiting masak sambal gitu. Tapi ternyata ini enak juga loh... ^-^

Penampakannya kek begini nih.. 


Nah ini dia bahan2nya.

Bahan :
Kepiting, bersihkan dan potong2
Bawang putih, cincang kasar
Daun bawang
Seledri
Merica halus
Kecap Pontianak
Minyak goreng
Air

Cara masak :
1. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bawang putih, tumis sampai harum
2. Masukkan  kepiting, aduk-aduk sampai warnanya kemerahan.
3. Masukkan daun bawang, kecap pontianak, merica  bubuk. Aduk2 rata sampai harum
4. Tambahkan air, aduk2 rata
5. Masukkan seledri, aduk2 sampai harum, angkat dan sajikan.

Kalo kepitingnya seger, enaaaak.. manisss banget. Apalagi makannya sama nasi, panas2. TOP deh. 

Enjoy!!!